Senin, 23 Januari 2017

Cara Menghilangkan Bekas Luka Knalpot Secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Luka Knalpot Secara Alami - Bekas luka bakar kena knalpot sering dialami oleh masyarakat. Mungkin salah satu orang dilingkungan anda juga pernah mempunyai pengalaman buruk tanpa sengaja terkena knalpot sepeda motor yang panas dan bersuhu tinggi dan menyebabkan luka bakar yang serius.

Parahnya, bekas luka bakar knalpot sering meninggalkan bekas luka yang permanen berwarna hitam gelap selama bertahun-tahun. Dan hal ini otomatis membuat kulit terlihat mencolok. Terlebih bila ada di area yang mudah terlihat orang lain seperti lengan tangan dan betis kaki pasti menjadikan diri kurang pede dan merusak penampilan.

Luka bakar tidak hanya berasal dari knalpot dengan suhu tinggi yang menyebabkan kulit dan daging melepuh, bisa juga berasal dari air panas yang tumpah tanpa sengaja, tersengat listrik serta terpapar api (api lampu, lilin, pemanggang, kompor dll). Luka bakar knalpot tidak hanya mengancam orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Oleh karena itu, anda harus berhati-hati serta waspada jika habis perjalanan jauh dan knalpot masih dalam kondisi yang sangat panas, jangan sampai kaki anda atau orang lain mengenai knalpot tersebut.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Knalpot Secara Alami


Langkah pertama yang biasanya orang lakukan seringkali salah dan membuat luka semakin parah dan meninggalkan bekas luka permanen. Di tengah masyarakat sering menggunakan odol/pasta gigi ketika mengalami luka bakar. Menurut penelitian dokter, odol dapat memicu infeksi dan memperparah keadaan luka bakar karena odol mengandung zat-zat kimia seperti deterjen, pemutih dan pewarna.

Ada beberapa cara alami dan tradisional untuk mengobati luka bakar khususnya luka bakar knalpot. Diantaranya adalah :

1. Bawang Putih
Caranya : Parut bawang putih dalam jumlah yang cukup, lalu oleskan pada luka bakar anda dan biarkan sampai mengering. Beberapa saat kemudian, bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin dan teratur hingga hasilnya tampak memuaskan.

2. Buah Mengkudu
Caranya: Ambil satu buah mengkudu, lalu iris kecil-kecil. Kemudian diblender (dihaluskan) sehingga menjadi jus. Kompres bekas luka bakar dengan handuk atau kain yang dibasahi dengan jus mengkudu. Buah mengkudu bermanfaat menghilangkan bekas luka karena mengandung senyawa scopoletin yang berfungsi membangun anti radang dan menghilangkan bekas luka.

3. Buah Mentimun
Caranya : Ambil dua buah mentimun segar. Iris beberapa potongan kecil, lalu dihaluskan dengan cara blender. Oleskan mentimun yang sudah dihaluskan ke permukaan bekas luka bakar knalpot dan biarkan sampai lama dan mengering. Usahakan dioleskan di malam hari, dibilas dan cuci bersih di pagi harinya. Mentimun bermanfaat membantu memudarkan koloid atau bekas luka secara perlahan-lahan karena mengandung beberapa zat berguna seperti vitamin C dan zat yang merangsang produksi kolagen.

4. Guyur Dengan Air Dingin
Caranya : Cara ini khusus ketika baru saja terkena panas knalpot. Guyur kaki atau tangan anda yang terkena panas dengan air yang mengalir kurang lebih 20 menit atau sampai tidak terasa nyeri. Setelah itu, oleskan salep khusus luka bakar seperti bioplancenton. Air ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan juga menjaga agar luka bakar tidak semakin masuk kedalam.

5. Air Bekas Rendaman Beras
Air bekas rendaman beras atau air bekas cuci beras, ternyata bermanfaat untuk mengobati kaki atau bagian tubuh yang terkena luka panas knalpot.

Caranya : Air rendaman beras dicampur dengan sekitar 15 ons kencur lalu ditumbuh sampai halus. Setelah itu, oleskan ramuan campuran air rendaman beras dan kencur ke daerah yang luka bakar kena kanlpot. Lakukan dengan rutin hingga luka bakar menghilang.

6. Cairan Kayu Bakar
Caranya: ambil cairan kayu bakar yang mengeluarkan cairan ketika dibakar. Terutama ditemukan pada kayu yang dibakar dalam kondisi lembab dan basah. Lalu oleskan pada area luka kena knalpot.
Cara Menghilangkan Bekas Luka Karena Kanlpot

Selain cara di atas, juga ada cara lain menghilangkan bekas luka bakar knalpot.


1. Menggunakan minyak zaitun
Cara menghilangkan bekas luka knalpot berikutnya yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun ini dapat dimanfaatkan untuk membantu menyamarkan luka bekas knalpot dengan cara dioleskan pada area bekas luka bakar knalpot

2. Bawang Putih
Bawang putih selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi luka bakar knalpot.

Caranya tumbuk bawang putih sampai halus lalu oleskan pada area bekas luka bakar knalpot.

3. Tomat
Iris buah tomat kecil-kecil, lalu tempelkan pada bekas luka bakar knalpot. Lakukan secara rutin hingga bekas lukanya menghilang. Kandungan vitamin C pada tomat juga dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah secara alami.
4. Menggunakan Jeruk Nipis
Sama halnya dengan tomat, sobat juga dapat memanfaatkan jeruk nipis untuk memudarkan bekas luka knalpot pada kulit sobat. Jeruk nipis ini juga mengandung tinggi sekali vitamin C. Cukup oleskan potongan jeruk nipis pada kulit sobat. Lakukan secara rutin.

Dan untuk perhatian, jangan pernah mengoleskan odol, mentega, minyak tanah, kopi atau apapun ke kulit yang terkena knalpot. Karena hal itu justru akan membuat kulit menjadi semakin parah.

Sekian artikel yang kami sampaikan semoga bisa bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar